Masalah & Isu Strategis Desa Dadapan

31 Januari 2017 19:19:46 WIB

 

3.2    Masalah Desa Dadapan

Kondisi yang dihadapi Desa Dadapan di era desentralisasi dan otonomi daerah ke depan sangat komplek, sehingga membutuhkan penanganan yang cukup serius dan bersungguh - sungguh. Sejalan dengan visi pembangunan yang akan dijalankan dan ingin diwujudkan serta mendasari pada misi yang akan ditempuh guna mewujudkan visi pembangunan dimaksud, maka dapat diidentifikasi adanya 5 (lima) isu - isu strategi yang menjadi permasalahan pokok yang dihadapi desa saat ini. Isu - isu  tersebut adalah sebagai berikut :

 

  1. Rendahnya keberdayaan masyarakat dan kemampuan desa

Ditinjau dari aspek ekonomi berbagai permasalahan yang dihadapi pembangunan yang dilaksanakan selama ini antara lain : lemahnya kemampuan masyarakat untuk membangun organisasi atau lembaga ekonomi rakyat. Dari aspek sosial terdapat keterbatasan data dan informasi serta ego sektoral dimana saling tumpang tindihnya lembaga yang ada, karena setiap ada program harus membuat lembaga baru yang mengurusi, padahal di desa sudah ada lembaga yang secara tugas dan fungsinya sama dan menjadi kesulitan adalah usulan penggabungan lembaga tidak dapat terima pada suatu program. Dengan tingkat pendidikan yang rendah maka dilapangan masih menghadapi kendala seperti kurangnya biaya untuk sosialisasi, sarana, kualitas sumber daya yang terbatas serta kultur budaya yang kurang mendukung. Disamping masih terbatasnya kualitas sumber daya manusia.

  1. Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat

Sebagai bagian dari rendahnya tingkat ekonomi maka berdampak pada rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, karena tidak mampu membiayai sekolah anaknya. Dengan rendahnya pendidikan maka hasil dari pembangunan akan mengalami hambatan, karena rendahnya penyerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang dihadapi sekarang ini antara lain, kurangnya pemerataan, rendahnya kualitas pelayanan pendidikan, belum optimalnya manajemen system pendidikan dan kurangnya keterlibatan masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan pendidikan.

  1. Rendahnya derajat kesehatan

Rendahnya derajat kesehatan masyarakat juga merupakan efek dari rendahnya tingkat ekonomi masyarakat, dimana biaya obat dan pelayanan kesehatan semakin meningkat sementara kemampuan masyarakat merosot. Disamping itu pelayanan posyandu juga perlu ditingkatkan baik sarana prasarana dan pemberdayaan kader posyandu itu sendiri. Karena posyandu merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan balita yang sebagai generasi penerus bangsa. Sehubungan dengan mahalnya harga obat - obat maka perlu adanya upaya kegiatan pelatihan dan sosialisasi manfaat dan penggunaan obat - obat tradisional serta diharapkan sampai dengan pengembangan produk obat - obat tradisional, selain itu pemberian dan pelayanan obat gratis untuk membantu keluarga yang miskin.

  1. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakat

Masalah pembangunan yang sangat urgen pada saat ini adalah masalah kemiskinan yang ditandai oleh banyaknya pengangguran, keterbelakangan dan keterpurukan. Masih banyak masyarakat Desa Dadapan yang hidup dengan tingkat ekonomi rendah disertai rendahnya tingkat pendidikan yang mengakibatkan banyaknya pengangguran.

  1. Belum optimalnya infrastruktur pedesaan

Infrastruktur yang ada di Desa Dadapan masih perlu mendapatkan perhatian secara serius. Dengan demikian peningkatan infrastruktur maka hal tersebut akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Dadapan

tampilkan dalam peta lebih besar